agenda Studi S

Naluri untuk mempertahankan muncul telah menimbulkan berbagai tujuan. Salah satu kebutuhan nun paling mendasar adalah tujuan fisiologis yang terdiri daripada makan, minum dan perlindungan. Semua kebutuhan tersebut didapat dari lingkungan di mana manusia tinggal, dan pada memanfaatkan lingkungan tersebut membutuhkan teknologi.

Panah untuk berburu, bersawah, berpindah-pindah, dan alat atau cara sederhana lain dikategorikan ke dalam teknologi. Tujuan manusia sangat beragam, & kebutuhan ini lebih mudah dipenuhi jika individu kehidupan berkelompok dengan individu yang lain.

Tentang di setiap organisasi mempunyai aturan sendiri, maka sanksi yang dikasih oleh setiap organisasi terhadap anggota yang melanggar pun berbeda pula. Sanksi ini bertujuan untuk menjaga kelengkapan, keseimbangan, dan kestabilan kelompoknya, sehingga tujuan kelompok dapat tercapai. Setiap individu di masyarakat mempunyai peran dan kedudukan yang berbeda-beda. Mengingat setiap individu mempunyai kurnia yang beragam, maka pada setiap individu dapat berperan dan berstatus di beberapa group sesuai dengan kepentingannya itu. Dari uraian di kepada, dapat disimpulkan bahwa warga merupakan kumpulan individu yang telah cukup lama bersebati dan mengikuti tata cara yang sama sehingga merupakan satu kesatuan. Walaupun individu ialah satuan yang berdiri sendiri dan memiliki kemampuan dan kebutuhan yang tersendiri lagi.

Namun dalam usaha memenuhi kebutuhan dan mengembangkan pengaruh yang dimilikinya, suatu individu tidak dapat melakukannya sendiri. Ketergantungan individu terhadap sosok lain sangat tinggi. Mulai ia dilahirkan sampai tenang membutuhkan bantuan orang unik. Teknologi dapat diartikan sebagai cara-cara atau alat dengan dipergunakan manusia untuk menggenapi kebutuhan hidupnya. Jadi teknologi tidak hanya mencakup kelengkapan modern atau mesin sekadar.

Seseorang menjadi pegawai negeri enteng karena ia berhasil menyerap dan lulus dalam ujian penerimaan pegawai negeri sipil. Status ini bersifat terungkap, artinya setiap orang bisa meraihnya karena kemampuan masing-masing individu dalam berprestasi. 1. Ascribedstatus, yaitu kedudukan yang diperoleh tanpa melalui persabungan atau usaha sendiri. Lazimnya diperoleh melalui kelahiran, sebagaimana seseorang yang bergelar raden, otomatis anaknya juga akan bergelar raden. Seorang bani yang berasal dari kasta Sudra dalam masyarakat Hindu, akan tetap berkasta Sudra walaupun ia mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang tinggi.

Status ini sering lagi disebut sebagai status nun tertutup, karena setiap orang-orang tidak bisa menjadi anggota secara bebas. Perkawinan lazimnya adalah cara yang dipergunakan untuk masuk ke di status ini. Dalam roh sehari-hari, setiap orang mempunyai peran dan tugas dengan berbeda-beda, akan tetapi masing-masing saling membutuhkan, saling hidup sama untuk mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, keikutsertaan dan kedudukan sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan & integritas sosial. Setiap sosok harus berperilaku dan bersungguh-sungguh sesuai dengan kedudukannya agar ia dapat diterima dan diakui keberadaannya.

Tags:  ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>